Kamis, 10 Juli 2014

Tiga Masa Sejarah Cina Kuno

Tiga Masa Sejarah Cina Kuno
Ilustrasi sejarah cina kuno
 Histori Cina Kuno mencatat bahwasanya Cina adalah satu diantara histori kebudayaan tertua didunia. Dari daratan Cina, beberapa arkeolog serta antropolog temukan banyak fosil manusia purba. Umur fosil itu benar-benar tua yang sempat hidup seputar 1, 7 juta th. lalu.
Bicara perihal histori, histori Cina Kuno mungkin saja adalah histori yang paling banyak dibicarakan. Mengingat umur yang benar-benar tua serta beragam peninggalan histori yang bermanfaat, layak terasa bila histori ini jadi satu diantara histori yang cukup populer.
Jadi orang-orang Cina kelihatannya adalah suatu kebanggaan sendiri. Diluar beberapa hal jelek yang berlangsung di negara ini kenyataannya Cina mempunyai histori peradaban yang benar-benar menarik. Histori Cina kuno benar-benar " diperhitungkan ". Siapa yg tidak bangga bila tahu histori negaranya jadi satu diantara narasi histori yang punya pengaruh didunia? Dengan demikian, dengan cara emosional kita juga bakal terasa jadi suatu negara yang besar. Histori Cina Kuno - Asal Muasal Negeri Cina
Histori Cina kuno berawal dari asal mula nama Cina itu sendiri. Sebutan Cina didapatkan dari beberapa orang Barat yang pada mulanya dimaksud dengan nama Bangsa Tengah. Daratan Cina yang ada di Tengah Asia Timur bermula dari peradaban orang-orang di seputar Sungai Kuning. Lebih kurang 4300 th. lalu, disana, ada suku yang di pimpin oleh dua orang pemimpin besar. Dua pemimpin itu bernama Yan-Di serta Huang-Di.
Yan-Di serta Huang-Di lalu bekerja bersama untuk bangun suatu bangsa yang besar. Karena usaha keras mereka, terbentuklah suatu bangsa yang mereka beri nama Bangsa Hua. Hua mempunyai makna yang benar-benar indah yakni 'bunga serta keindahan'. Dengan semangat bangun suatu bangsa yang besar, histori Cina kuno juga diawali.
Histori Cina kuno juga berlanjut, seputar era ke-21 SM, seseorang penguasa besar bernama Qi (putra Yu) bangun kerajaan yang dinamakan Kerajaan Xia. Besarnya dampak Kerajaan Xia mengakibatkan bangsa Hua mempunyai nama lain, yakni Xia. Seiring waktu berjalan, bangsa itu ganti namanya dengan sebutan Bangsa Tianxia. Nah, dari Bangsa Tianxia iniliah mereka menyebutkan dianya Bangsa Tengah. Serta oleh orang Barat, sebutan Bangsa Tengah ini beralih jadi Cina. Histori Cina Kuno dari Saat ke Masa
Dengan cara garis besar, histori Cina kuno dibagi ke dalam tiga saat. Saat pertama dimaksud “ the age of myths ”, yaitu saat pada mulanya sampai saat Dinasti Shang. Saat ke-2 dimaksud “ the age of feudal states ”, yaitu saat kekuasaan Dinasti Zhou. Saat ketiga dimaksud “ the age of empires ”, yaitu berlangsung pada saat kekuasaan Dinasti Qin sampai kekuasaan Dinasti Ming.
Ketiga saat itu jadi suatu fase utama dalam narasi histori Cina kuno. Tak dapat di hilangkan serta bakal terus jadi sisi dari kehidupan orang-orang Cina. Lantaran fase tersebut yang sampai pada akhirnya sukses membawa orang-orang Cina pada situasi seperti saat ini.
Dalam histori Cina kuno juga dikisahkan bahwasanya sebelum saat Dinasti Shang berkuasa, sudah ada Kerajaan Xia yang berdiri pada 2100 SM sampai 1600 SM. Sesungguhnya, ada ketidaksamaan pendapat tentang kapan saat Dinasti Xia ini berkuasa. Menurut perhitungan Liu Xin, Xia berkuasa dari 2205 SM serta selesai pada 1766 SM.
Tetapi, didalam Histori Bambu, tercatat bahwasanya pemerintah Xia berkuasa seputar 1989 SM sampai 1558 SM. Lain lagi yang dilaporkan dari hasil riset Proyek Urutan Xia Shang Zhou yang diselenggarakan oleh pemerintah RRC, mereka memiliki pendapat bahwasanya Xia berkuasa seputar th. 2070 SM serta 1600 SM. Ketidaksamaan catatan tentang histori Cina kuno memanglah lumrah berlangsung. Mengingat versus yang datang dari beragam sumber dapat juga tidak sama.
Janganlah heran bila sebenarnya, histori Cina kuno banyak menyuguhkan cerita-cerita perihal kerajaan serta dinasti, lantaran hal itu memanglah sudah jadi jati diri negara ini.
Tetap menurut narasi histori Cina kuno, sesudah Kerajaan Xia selesai, nampak dinasti pertama di Cina, yakni Dinasti Shang yang berkuasa pada 1600 SM sampai 1046 SM. Dinasti Shang sempat di pimpin oleh seputar 31 orang raja. Raja pertama mereka bernama Raja Tang serta raja terakhirnya bernama Raja Zhou. Berdasar sebagian info, orang-orang Cina pada saat Shang mempunyai keyakinan pada banyak dewa. Mereka yakin pada dewa paling tinggi bernama Shang-Ti.
Beberapa pakar arkeolog temukan tulang orakel yang dipakai orang-orang Cina pada 1500 SM untuk memperkirakan hari esok. Temuan tulang orakel itu jadi bukti kehadiran Dinasti Shang periode ke-2. Penemuan ini adalah sisi kecil dari penemuan dalam perjalanan histori Cina kuno. Ada banyak penemuan-penemuan lain yang juga cukup utama.
Dinasti Shang roboh dari kalah dalam pertempuran Muye melawan Wu Wang, seseorang penguasa Zhou. Maka, dari tersebut berdiri kekuasaan Dinasti Zhou yang dimaksud “ the age of feudal state ”. Kekalahan Dinasti Shang ini dapat jadi suatu jalan narasi menarik dalam histori Cina kuno yang panjang.
Dalam histori Cina kuno, dijelaskan bahwasanya Dinasti Zhou adalah dinasti yang paling lama berkuasa di Cina. Menurut penilitian Proyek Urutan Xia Shang Zhou, Dinasti Zhou berkuasa dari 1046 SM serta selesai pada 256 SM.
Saat ketiga yang dimaksud “ the age of empires ” histori Cina kuno ini berlangsung waktu kekuasaan Dinasti Ming sampai Dinasti Qin. Dinasti Ming berkuasa pada 1368 sampai 1644. Dinasti Ming berdiri lantaran hasil pemberontakan pada Dinasti Yuan pada 1368. Pemberontakan itu datang dari golongan petani yg tidak senang dengan kekuasaan Dinasti Yuan. Zhu Yuanzang dari suku Han adalah dalang pemberontakan itu. Pada saat inilah, pembangunan tembok Cina dikerjakan.
Bila bicara perihal peninggalan histori Cina kuno, tembok besar Cina kelihatannya menajdi peninggalan paling besar dari peradaban itu. Kehadiran tembok besar Cina itu sampai saat ini juga terus membekaskan kemampuan suatu bangsa.
Warisan histori Cina kuno ini mempunyai panjang yang juga dapat tampak sampai luar angkasa. Butuh di ketahui bahwasanya sebenarnya, tembok besar Cina sebenarnya yaitu paduan tembok-tembok pendek yang ikuti jalur pegunungan di Cina. Yang bikin ini istimewa yaitu jaraknya yang mengagumkan panjang. Panjang tambok ini meraih 8. 851 km. Suatu panjang bangunan yang benar-benar mengagumkan untuk orang-orang yang hidup dimuka th. 1000-an. Histori Cina Kuno - Akhir dari Cina Kuno
Akhir dari histori kuno Cina yaitu saat Dinasti Qin. Inilah kekuasaan feodal paling akhir yang berkuasa di Cina. Dinasti Qin berkuasa sesudah Dinasti Ming hancur lantaran kalah perang melawan suku Manchu pada 1644. Dinasti Qin berkuasa seputar 1644 serta selesai pada 1911.
Sesudah Dinasti Qin selesai, selesai jugalah histori Cina kuno. Cina masuk masa moderen dengan mulai meniadakan system feodal kerajaan. Sun Yat-Sen sukses memprovokasi rakyat Cina untuk mengadakan revolusi yang menyebabkan turunnya Kaisar Xuantong, penguasa Qin, pada 12 Februari 1912. Sesudah kekuasaan feodal selesai, Cina mengaplikasikan system negara Republik Cina. Sun Yat-Sen lalu diangkat jadi presiden pertama Republik Cina.
Histori Cina kuno yang memanglah sama dengan kekaisaran serta dinasti dan kerajaan nyatanya jadi hal yang dikira menarik untuk beberapa sineas. Beragam film bertopik kerajaan Cina kuno juga banyak di produksi, satu diantaranya yaitu Curse of The Golden Flower.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar