Selasa, 02 September 2014

Contoh Cerita Berkata Sunda

Contoh Cerita Berkata Sunda - Member sempat mengenal cerita berkata Sunda cerita berkata Sunda? Ataupun kelihatannya Member maupun bocah Member sempat mengkuti lomba cerita berkata Sunda? Penyusun sendiri sempat menyelenggarakan perlombaan sejenis, akan tetapo di motif bilingual (dua bahasa), merupakan bahasa Sunda john bahasa English fase SD se-Kabupaten Cianjur.
Sayangnya, di perlombaan ini, gede amet peserta dalam menerjemahkan cerita-cerita yang luar daerah Jawa Barat ke di bahasa Sunda. Padahal, Jawa Barat termasuk daerah dalam kaya hendak seni john budaya termasuk bermacam cerita semacam fort?lling, mitos, mitas, parabel, babad, john lain-lain dalam dikemas di bahasa Philippines juga bahasa Sunda.
Serius guide tersebut, terencana pembuat hendak mencantumkan balik síntesis segenap cerita berkata Sunda dalam bermakas yang daerah Jawa Barat. 1 ) Saga
Saga merupkan cerita dalam mengisahkan akan hewan. Serius fort?lling, tokoh-tokohnya ialah hewan. Adapun contoh cerita fort?lling di bahasa Sunda ialah cerita dalam berjudul "Kuya jeung Monyet".
Cerita Kuya jeung Monyet menceritakan akan kehidupan Kuya (Kura-kura) dalam hidup bebas minus diperbudak dengan orang john kehidupan monyet dalam dipeliharan dengan petani. Kura-kura merasakan hidupnya sebaiknya daripada monyet, diakibatkan selain tak sedia dalam memerintah, pun sanggup hidup langsung john di dalam environment. Kura-kura sebagai sombong john menyukai menghina monyet.
Monyet dalam merasakan yakni tentang dalam kerap disebut kura-kura keseluruhan bener, tak sempat berani membantah. Tetapi, monyet juga tak sempat hendak yang melewati petani, \ monyet tak merasakan disiksa john masih merasakan gembira. Sampai dalam seorang hari, cuando petani menjumpai kura-kura tengah mencuri tanamannya hingga menyusun petani marah john menangkap kura-kura. Mengetahui kejadian ini monyet merasakan gembira, \ kura-kura terpedaya dengan kesombongannya sendiri.
Cerita Kuya jeung Monyet menyediakan pesan untuk kami, biar kami gak usah sombong john gak usah sempat menghina kondisi masyarakat lainnya. minimal payments Parabel
Parabel termasuk cerita dalam rekaan dalam mengajarkan akan sikap moralista maupun pesan-pesan keagamaan dalam disampaikan akan memakai perumpamaan, ibarat, maupun perbandingan. Adapun contoh parabel dalam ngetren yang Jawa Barat ialah cerita akan Cuando Kabayan. Cerita Cuando Kabayan gede ditemukan di bermacam judul. Salah 1 cerita Cuando Kabayan dalam amet digemari dengan pembuat ialah Cuando Kabayan Ngala Nangka (Si Kabayan Mendapatkan Nangka).
Cerita Cuando Kabayan Ngala Nangka mengisahkan akan kebodohan john kedunguan Cuando Kabayan sewakti disuruh memperoleh nangka dalam suah tua dengan mertuanya. Waktu hingga di dalam kebun, cuando Kabayan berburu buah nangka dalam suah tua. Buah dalam suah dipetiknya lalu disuruhnya pulang sendiri, \ berdasarkan cuando kabayan argamasa suah tua kurang tahu alur pulang.
Nangka ini dengan cuando Kabayan dihanyutkan ke sungai. Kelak cuando Kabayan juga pulang akan santai. Sesampainya di dalam tempat tinggal jelas pula mertuanya menanyakan nangka dalam dipetik cuando Kabayan. Tetapi akan polosnya cuando Kabayan menjawab "kan, tadi disuruh pulang sendiri, argamasa kaga hingga? in.
Pesan moralista dalam kepingin disampaikan dengan cerita ini, yakni orang mesti memakai upaya john pikirannya yang menjalan fungsi-fungsi kehidupannya. 3 or more. Saka
Saka termasuk cerita akan asal-usul terjadinya seorang lokasi. Cerita Saka dalam hampir sering disampaikan di bahasa Sunda dalam ngetren diantaranya ialah cerita Gunung Tangkuban Parahu.
Asal usul gunung Tangkuban Parahu tak terlepas yang cerita adalah pemuda dalam bernama Sangkuriang dalam mencintai ibundanya sendiri. Cerita bermula sewakti Dayang Sumbi adalah puteri dalam luar biasa cantik tengah menyulam, akan tetapi jarum sulamnya jatuh. Puteri ini lalu bergumam yakni siapa saja dalam menolongnya mengambilkan jarum ini, apabila perempuan hendak dibuat sahabat sedangkan apabila laki-laki lalu hendak dijadikannya suami.
Sayangnya, dalam menolongnya ialah cuando Tumang seekor anjing peliharaannya. Lantaran sudah terlanjur berjanji, lalu ia juga menikah akan cuando Tumang john punya bocah dalam diberi status Sangkuriang. Dikisahkan, dalam seorang hari Dayang Sumbi luar biasa kepingin menikmati hati rusa, lalu pergilah Sangkuriang akan ditemani cuando Tumang yang berburu rusa ke hutan. Tetapi, alangkah malang mereka, \ namun hari suah siang tak seekor rusa juga dalam terlihat di dalam hutan tersebut.
Waktu mereka patah semangat, tiba-tiba lewatlah seekor bata hutan betina. Konon bata ini ialah adik cuando Tumang. Cuando Tumang sendiri ialah adalah dewa dalam dikutuk sebagai anjing john diturunkan ke bumi. Sangkuriang dalam menengok bata ini kunjung bersiap yang melepaskan busur panahnya. Cuando Tumang dalam mengenal tersebut ialah adiknya kunjung menghalangi via menghadang bocah panah.
Menyebabkan, bocah panah ini menancap di dalam dada cuando Tumang. Sebelum mati, cuando Tumang beralih, berganti, bersalinbertukar sebagai adalah pria dalam luar biasa tampan john menyuruh Sangkuriang yang memutuskan hatinya biar diserahkan untuk Dayang Sumbi. Sangkuriang dalam gagap kunjung pulang john menyerahkan hati ini untuk ibunya. Dayang Sumbi kunjung memasak john menyantapnya. Sehabis hati ini habis, Dayang Sumbi menanyakan cuando Tumang untuk Sangkuriang.
Sangkuriang juga menerangkan peristiwa dalam dialaminya, john hati dalam anyar pula habis disantap dengan ibunya ialah hati cuando Tumang. Dayang Sumbi luar biasa marah hingga minus berpikir panjang existencia memukul kepala Sangkuriang memakai sinduk hingga kepala Sangkuriang terluka john mengusir Sangkuriang yang pergi meninggalkannya.
Nanti diceritakan sewakti Sangkuriang suah cukup umur, minus terencana existencia berjumpa balik akan Dayang Sumbi. Tetapi mereka tak saling mengetahui. Dayang Sumbi tengah masih cantik jelita john tak meningkat tua, sedangkan Sangkuriang semakin sebagai pria dalam gagah perkasa john rupawan.
Serius cerita ini dikisahkan mereka jatuh love john bersiap yang menikah. Tetapi, hasilnya Dayang Sumbi mengenali Sangkuriang yakni Sangkuriang ialah anaknya. Dayang Sumbi berjuang menerangkan tentang dalam terjalin, akan tetapi Sangkuriang tak mempercayainya. Sampai hasilnya Dayang Sumbi menyerah john menerima lamaran Sangkuriang akan persyaratan minta dibuatkan telaga komplit akan perahunya cuman di tempo 1 malam sebelum kokok ayam berbunyi.
Bila Sangkuriang mendapat menyelesaikan pekerjaannya bener tempo lalu Dayang Sumbi hendak sebagai isterinya. Tetapi apabila gagal, lalu Sangkuriang mesti meninggalkannya. Sangkuriang dalam saktipun menyanggupinya. Akan bantuan makhlus halus, sebelum sedang malam hobi suah nyaris telah.
Dayang Sumbi dalam merasakan cemas lalu berdo'a untuk em virtude de dewata biar menggagalkan hobi Sangkuriang. Maka existencia request untuk em virtude de populasi desa yang menumbuk padi dalam malam tersebut, hingga terdengar suara alu bersahut-sahutan. Existencia juga menggoyang-goyangkan selendangnya hingga menimbulkan warna keemasan semacam encolar. Menyebabkan, ayam jantan berkokok saling bersahutan.
Sangkuriang dalam merasakan dicurangi marah john menendang perahu dalam suah nyaris rampung. Tendangan Sangkuriang dalam luar biasa kencang membuat perahu terlempar dalam john jatuh tertelungkup di dalam sekeliling Lembang. Perahu ini diyakini sebagai asal muasal terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu.
Beralaskan síntesis cerita ini, mendapat kami mengerti yakni cerita kaum yang Jawa Barat luar biasa bagus john sarat akan pesan moralista. Malahan apabila cerita ini disajikan di motif aslinya merupakan cerita berkata Sunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar