Jumat, 08 Agustus 2014

Sebagian Jenis Komunikasi Dalam Pelbagai Teori

Sejatinya, ada beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu teori serta jenis komunikasi yang sudah di ciptakan beberapa sarjana komunikasi. Tetapi, yang betul-betul mewakili bagiannya tak sejumlah apa yang dijelaskan pada awal mulanya. Teori mendasari jenis komunikasi. Adapun jenis komunikasi bakal melahirkan kritik, dimana kritik itu bakal melahirkan teori serta jenis juga. Inilah sebagian salah satunya. Jenis Komunikasi Keluarga Mc Croskey
Dalam jenis komunikasi ini, komunikasi digambarkan untuk sistem dinamis di mana anggota keluarga bisa mengemukakan info yang sudah didapatnya. Tiap-tiap anggota keluarga bisa lakukan umpan balik tidak ada dominasi dari satu orang.
Tiap-tiap anggota keluarga, baik bapak, ibu maupun anak bisa mengemukakan gagasannya. Jika tak tahu, mereka bisa bertanya segera pada salah seseorang salah satunya. Tiap-tiap anggota keluarga ambillah sisi dalam tiap-tiap perbincangan, hingga ada kesamaan hak bicara pada keduanya. Sistem komunikasi pada anggota keluarga berjalan terus-terusan.
Dalam jenis ini, pada individu dengan grup tampak karenanya ada seseorang pemimpin yang berupaya memimpin jalannya komunikasi itu. Walau demikian, wujud grup yang tampak dalam komunikasi di sini yaitu wujud grup kecil, baik resmi ataupun non resmi.
Individu berperan untuk sumber sekalian untuk penerima.
Pesan yang di terima disuatu titik bakal berikan dampak pada pembentukan pendapat, perilaku, serta mengakibatkan memastikan apakah serta kapan waktunya berkomunikasi.
Rencana dari masalah nada/noise : masalah bakal senantiasa masuk dalam satu komunikasi.
Jadi, kesuksesan komunikasi yaitu hingga seberapa jauh kita bisa mengatasinya atau mungkin mengalihkannya nada itu. Jenis Komunikasi Periklanan
Maksud akhir komunikasi periklanan yaitu untuk membuat tanggapan tingkah laku di pasar. Tingkah laku itu bisa berbentuk pembelian pada satu merk atau mungkin kunjungan ke satu etalase pedagang eceran. Tanpa ada tanggapan tingkah laku dari customer, periklanan cuma adalah hiburan saja.
Nyaris setiap waktu orang lakukan komunikasi, persepsi, serta pemrosesan info pada pesan-pesan iklan. Untuk lakukan komunikasi periklanan dengan cara efisien, dibutuhkan pemahaman perihal unsur-unsur fundamental yang mendasari komunikasi.
Laswell serta Shanon Weaver menyampaikan teori komunikasi periklanan yang tersusun dari :
Source/Sumber. Sumber mengemukakan pesan pada khalayak. Pada iklan ada dua sumber, yang pertama adalah pemasang iklan serta yang ke-2 yaitu juru bicara, jenis, atau mungkin hal ihwal yang tercantum dalam iklan.
Encoding Ini adalah sistem pengalihan pikiran kedalam wujud simbol. Disini pengirim mesti mengkodekan pesan mereka ke satu langkah yang memperhitungkan bagaimana pendengar tujuan umumnya menguraikan kode pesan
Message/Pesan. Pesan adalah seperangkat simbol yang di sampaikan oleh komunikator pada khalayak
Media. Media adalah saluran komunikasi tempat berlalunya pesan dari komunikator pada komunikan. Komunikator kirim pesan lewat media yang efektif dalam meraih pendengar yang jadikan tujuan. Jalur dalam satu system periklanan mencakup media semacam radio, tv, suratkabar, majalah, papan reklame (billboard), serta pameran ditempat penjualan.
Decoding/Penguraian Kode. Decoding adalah sistem di mana komunikan mengambil keputusan arti pada lambang-lambang yang di sampaikan komunikator. Supaya satu pesan bisa di terima dengan cara efisien, maka sistem pengkodean dari pengirim mesti terkait dengan sistem penguraian kode yang dikerjakan oleh penerima. Berarti, pesan yang paling baik yaitu pesan yang di sampaikan dengan sinyal tanda yang dikenali oleh penerima.
Receiver/Penerima. Penerima pesan yaitu khalayak. Karena, bisa digambarkan ke pengertian atau mungkin sebagian variabel yang sehubungan dengan susunan orang-orang, pola hidup, kesukaan, ketertarikan, serta beragam segi demografis yang lain. Efek komunikasi pada pirsawan yaitu menghidupkan kesadaran, memberi info, membina serta merubah citra atau mungkin merubah satu sikap, serta pendorong perilaku
Response/ Respon. Tanggan yaitu seperangkat reaksi pada komunikan sesudah didera pesan. Bagaimana respon komunikan sesudah didera pesan, apakah komunikan sepakat atau mungkin tak pada satu product.
Feedback/Umpan Balik. Penerima memberi umpan balik sesudah sistem komunikasi periklanan berjalan. Umpan balik dari komunikan dapat berbentuk pergantian sikap yang selanjutnya ada aksi dari customer untuk beli.
Noise/Masalah. Masalah dalam komunikasi bisa mendistorsi pesan hingga pesan yang di sampaikan tidak sama dengan pesan yang di terima. Masalah bisa berbentuk masalah fisik (ada orang bicara, masalah psikologis), pemikiran yang telah ada dikepala kita, atau mungkin masalah semantik (salah mengartikan arti). Jenis Agenda Setting
Jenis komunikasi Agenda Setting, menurut Cohen (1963) yang diambil oleh Jalaludin Rakhmat dalam bukunya yang berjudul Cara Riset Komunikasi, yaitu " Membuat persepsi khalayak perihal apa yang dikira utama. Dengan tehnik penentuan dengan penonjolan, media memberi cues perihal mana issue yang lebih utama. "
Menurut pengertian itu, jenis agenda setting mengasumsikan ada jalinan positif pada penilaian yang didapatkan khalayak pada masalah itu. Secara singkat, apa yang dikira utama oleh media bakal dikira utama juga oleh orang-orang.
Dalam jenis komunikasi agenda setting, mass media memberi penilaian pada satu berita yang dikira paling menonjol untuk di sampaikan pada khalayak. Setelah itu, media mengukur apakah berita yang dikira paling menonjol itu sama juga dengan berita yang diperlukan oleh khalayak.
Umumnya khalayak menghubungkan satu narasi dengan kebutuhan pribadinya. Jika khalayak menyukainya, besar kemungkinan mereka bakal bertindak semacam yang dimisalkan itu. Jenis Komunikasi ABX Newcomb
Tentang sikap, jenis komunikasi ABX dari Theodore M. Newcomb atau mungkin ABX Newcomb dalam bukunya " An Approach Study of Communication Acts, " menyampaikan gagasannya, semacam yang diambil oleh Effendy seperti berikut : " Perilaku komunikasi terbuka pada A serta B mesti dalam grup bisa diterangkan lewat keperluan mereka untuk meraih keseimbangan atau mungkin situasi simetris pada keduanya serta juga pada X. "
Jenis ini memperluas teori jalinan intrapribadi dari Heider hingga pada hubungan yang berlangsung pada anggota dari grup yang cuma terbagi dalam 2 orang anggota. Jenis Newcomb melibatkan 3 unsur yakni A serta B, yang mewakili 2 orang yang berhubungan serta X untuk objek perbincangan.
Komunikasi berlangsung lantaran A mesti bertujuan pada B serta X serta B ber tujuan pada X. Untuk melakukan pencarian situasi simetris, A lakukan usaha :
Melengkapi dianya dengan info perihal tujuan B pada X serta hal semacam ini dikerjakan lewat hubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar